DOWNHILL AT VALLNORD, WORLD CHAMPIONSHIP ROUTE









DOWNHILL AT VALLNORD, WORLD CHAMPIONSHIP ROUTE

 

Pada tanggal 16-19 July 2013 lalu, Max, founder dr sepeda Commencal mengundang beberapa dealer Indonesia C2C-Bike (Serpong), Harmoni Bike (Solo), Mechanix Bike (Surabaya), dan juga beberapa perwakilan dari club sepeda di Jakarta Bpk. Tony Qiu (Serpong Cycling Team-SCT) dan Bpk. Hermansyah Handoko (Kelapa Gading Biker – KGB) untuk datang ke negara Andorra untuk berkunjung dan mencoba trek downhill yang akan dijadikan sebagai rute dari World Championship untuk downhill.

                Hari pertama menjejakan kaki di Andorra, semua peserta disambut dengan sangat baik oleh Max dan diajak untuk mencicipi makanan khas Andorra. Negara kecil yang tenang, sejuk, damai tapi berkembang, sungguh terasa sangat berbeda jika dibandingkan dengan hiruk pikuk kota Jakarta. Tidak salah jika negara ini dijadikan sebagai salah satu trek downhill dunia karena dikelilingi oleh pegunungan disekitarnya. Ketika memasuki perbatasan negara tersebut kita sudah dapat melihat gunung yang menjulang tinggi dengan puncak es, karena itu negara ini juga dijadikan sebagai wisata ski.

                Hari kedua semua peserta diajak ke suatu toko yang memang khusus menyediakan perlengkapan/protector downhill dan juga menyewakan sepeda. Jadi jika anda tertarik ke Andorra dan mencoba downhill di sana anda tidak usah kuatir karena ada tempat khusus yang menyewakannya. Peserta wajib menggunakan protector badan dan kaki juga menggunakan helm dan google karena mengingat medan yang cukup membahayakan.

                Peserta diajak untuk naik ke puncak gunung menggunakan cable car, kita dapat melihat keindahan pepohonan dari atas cable car kemudian setelah sampai di puncak, dipandu oleh beberapa orang tim dari Commencal peserta meluncur menuruni gunung tersebut. Pengalaman yang sungguh luar biasa. Para tim yang begitu ahli meloncat di atas bebatuan, sungguh aksi yang mengagumkan. Di gunung Vallnord, terdapat beberapa rute downhill ada yang terjal dan tidak jadi peserta dapat memilih rute mana yang akan ditelusuri. Rute yang dilewati kali ini tidak terlalu terjal, peserta menikuk kanan dan kiri, yang dibutuhkan adalah keseimbangan yang baik agar menjaga sepeda tidak stabil, peserta juga diajak mencoba hal baru seperti meenuruni tangga dengan menggunakan sepeda.

                Hari ketiga peserta diajak untuk menemui atlit Commencal yang telah menjuarai berbagai kejuaraan dowhill seperti Myriam Nicole, Thibaut dan Gaetan Ruffin. Tidak disangka salah satu atlitnya adalah seorang perempuan. Sungguh luar biasa karena dibalik sosok perempuannya, Nicole pernah menjuarai kejuaraan downhill.

                Tidak terasa sudah 3 hari peserta telah berada di Andorra, dan sudah waktunya untuk pulang kembali ke Indonesia. Pengalaman yang tidak terlupakan yang tidak dapat dirasakan di Indonesia.